Review Sony Vaio VPC-EA16FG/L

30 05 2010

Review Sony VAIO EA16FG/L

oleh : Ganes Aji Laksono

VAIO EA16Overview

Sony meluncurkan produk barunya bertajuk SONY E series “Stand Out Style”. Sony E Series memadukan keindahan desain VAIO dengan performa grafis dan prosesor yang canggih. berbeda dengan pendahulunya, EB series, EA Series kali ini tampil dengan keyboard standar notebook (minus numeric pad / keyboard angka). Seperti biasa, laptop vaio memang terkenal dengan desain yang ‘wah’ dan hal yang satu ini tentunya juga dimiliki oleh vaio EA ini. Dengan pilihan warna hitam, putih, hijau, biru, dan pink kemerahan laptop yang satu ini tentunya selalu berbeda dari laptop – laptop lainnya. Namun hal yang berbeda dalam vaio yang satu ini adalah Selain modelnya yang manis, spesifikasi laptop ini juga tidak main-main. sangat mengejutkan, karena hanya dengan 11 jutaan kita dapat memliki laptop manis ini dengan spek tinggi yaitu Prosesor intel Core i5 520M 2.4 Ghz, RAM 4GB DDR3, Ati Mobility Radeon 5650, HDD 500GB 5400 Rpm, Windows 7 Home Premium-64 Bit.

Desain

Tak perlu dipungkiri bahwa desain VAIO memang yang terbaik di antara laptop lainnya, tepian tepiannya yang membulat menunjukkan bahwa laptop ini emamng didesain untuk keperluan style (berbeda dengan Z series yang ditujukan untuk professional). Dengan beberapa pilihan warna, yaitu putih, hitam, biru, pink kemerahan, dan Hijau, laptop ini siap dibawa untuk hang out sebagai asesoris yang stylish.

Sangat disayangkan, laptop ini menggunakan material glossy pada cover atas dan “wrist-rest” nya, memang, dengan material glossy laptop ini akan tampak modern dan stylish. Namun material glossy ini juga sangat rentan terhadap goresan dan bekas sidik jari, hanya masalah waktu saja material glossy ini tidak “glossy” lagi karena goresan seperti yang tejadi pada VAIO CR dahulu. Jadi, jika anda ingin menjaga laptop anda agar tetap “glossy”, pastikan anda membawanya dalam tas laptop yang tidak menggores, dan siapkan lap kering yang lembut kalau kalau lapisan glossy ini mulai kotor.

Dengan bobot 2,35 KG laptop ini cukup ringan untuk dibawa bawa untuk wifian di cafe ataupun mengerjakan tugas kuliah di perpustakaan.

Konektivitas

Sony VAIO EA series mengusung konektivitas yang lengkap, antara lain Wireless lan a/b/g/n, Bluetooth 2.1 + EDR yang dapat kita atur dengan mudah dengan sofware bawaan sony, yaitu “VAIO Smart Network” Ketika saya coba, pengiriman file dengan bluetooth berjalan lancar, begitu juga penggunaan wireless lan nya.

Berbeda dengan vaio lainnya, laptop ini tidak menyediakan port Firewire. Sebagai gantinya, laptop ini menyediakan port eSATA yang juga berfungsi ganda sebagai Port USB 2.0 juga.

Tepat di sebelah port eSATA terdapat dua colokan lagi, yaitu port HDMI yang bersanding dengan Port VGA standar yang mempermudah antarmuka dengan perangkat output gambar, sangat mudah digunakan ketika kita ingin presentasi atau menonton film di LCD tv melalui konektor HDMI yang sudah mendukung resolusi Full HD

Terdapat juga port Gigabit Ethernet, minus port RJ11 untuk modem/fax

Beralih ke sisi depan laptop, terdapat dua buah card reader, yaitu Memory stick reader dan SD card reader, keduanya berfungsi dengan baik saat saya coba, dan juga mendukung penggunaan adapter memory. (seperti: Micro sd to Sd card adapter). Dua buah card reader ini berjajar dengan switch wrieless, dan juga tiga buah lampu indikator, yaitu indikator Wireless, Baterai, dan load HDD.

Penempatan Port yang salah

penempatan port audio yang mengganggu

Di ujung kanan, terdapat dua buah port yang sangat diperdebatkan, yaitu konektor output audio dan konektor input audio. Sangat disayangkan penempatan port ini karena akan sangat mengganggu ketika kita menggunakan laptop sambil mendengarkan musik dengan eraphone karena keberadaan port yang tidak tepat ini membuat pergelangan kanan tidak nyaman karena mengenai konektor headset, “penderitaan” ini bertambah jika kita menggunakan headset sambil bermain game.

Penenpatan port USB yang SANGAT mengganggu

Beralih ke sisi kanan laptop, terdapat tiga buah Port USB yang penempatannya sangat tidak masuk akal. Tiga buah port ini sangat mengganggu, seperti pada gambar yang saya cantumkan, ketika saya menancapkan harddisk eksternal saya ke salah satu port itu, kabel usb dari harddisk itu sangat mengganggu funsgional mouse dan optical drive. Sangat disayangkan, produk dengan desain bagus ini tidak diimbangi dengan penempatan port yang tepat.

Software bawaan

Dalam keadaan default terdapat banyak sekali software bawaan atau yang biasa disebut “bloatware”, tidak semua orang menyukainya. Saya pribadi, hanya menyukai beberapa software bawaan sony, jangan lupa membuat backup vaio anda sebelum melakukan perubahan perubahan dengan sistem laptop ini, sediakan 4 buah DVD single layer dengan kualitas bagus untuk proses backup ini.

EA16FG/L nampak elegan

Keyboard

Keyboard laptop ini adalah keyboard standar laptop, dengan ukuran 19mm dan ketebalan 2mm. 86 key keyborad ini sangat nyaman digunakan, pencetan keyboard terasa empuk dan bentuk keyboard standar vaio yang memiliki jarak antar huruf juga memudahkan pegguna notebook ini yang memiliki jari besar.

Di sisi atas keyboard terdapat tiga buah tombol shortcut, antara lain

ASSIST : menekan tombol ini dalam keadaan laptop menyala akan membawa kita ke aplikasi “VAIO Care” yaitu fitur maintenance bawaan sony untuk lapotp ini. Dalam keadaan mati, jika kita menekan tombol ini, akan membawa kita ke fitur VAIO Recovery center.

WEB : menekan tombol ini dalam keadaan laptop menyala akan membawa kita ke aplikasi browser default yang telah kita setting dalam windows. Dalam keadaan mati, jika kita menekan tombol ini akan membawa kita ke fitur andalan seri ini yaitu “Quick Web access” sangat efektif digunakan.

VAIO : menekan tombol ini dalam keadaan laptop menyala akan membawa kita ke aplikasi “VAIO Media Gallery” yaitu fitur multimedia laptop ini.

Touchpad

Touchpad pada laptop ini terdapat sedikit menjorok ke kiri, mungkin hal ini ditujukan agar touchpad berada tepat di antara kedua tangan kita saat mengetik. Touchpad ini memiliki tekstur grid yang agak kasar, mengingatkan kita pada beberapa touchpad milik hp atau compaq. Touchpad ini juga sudah mendukung fitur multitouch, antara lain fitur zooming yang dapat kita lakukan seperti halnya zooming pada iphone, dan juga fitur scrolling yang sangat mudah, beberapa fitur lainnya dapat anda kustomisasi dalam software synaptics yang aktif pada taskbar. Secara keseluruhan, touchpad ini nyaman digunakan.

Hasil penilaian Windows Experience Index, Sangat mengesankan

Performa

Fitur TurboBoost dari intel

Performa laptop ini patut diacungi jempol, karena performa dan respon laptop ini yang sangat baik. Prosesor laptop ini juga sudah mendukung TurboBoost technology, yaitu fitur terbaru prosesor intel yang secara otomatis mem-“boost” kemampuan awal prosesor laptop ini yang “hanya” 2.4 Ghz bisa di-boost hingga 2.93 Ghz, nilai boost nya pun disesuaikan secara otomatis sesuai kebutuhan aplikasi

Grafis laptop ini didukung dengan  keberadaan Ati Mobility Radeon 5650 dengan memory DDR3 1 GB yang termasuk dalam “Premium Graphics”. Kartu grafis laptop ini memang “garang”karena sudah mendukung DirectX 11 dan juga Pixel Shader 5. dalam Vaio EA ini, Sony meng-underclock kartu grafisnya sehingga kartu grafis ini hanya berjalan dengan core clock 450Mhz, entah mengapa sony meng-underclock kartu grafis yang cukup garang ini.  Secara keseluruhan performa grafis dan proses nya di atas rata rata laptop yanga da di pasaran, mengingat dengan harga yang cukup murah kita dapat memiliki laptop dengan performa yang sangat baik

Speaker

Speaker dari laptop ini adalah hal yang paling disayangkan. Kualitas speaker ini sangat buruk. Dengan treble yang terlalu tinggi, bass yang tidak terasa sama sekali, dan suara akan pecah ketika kita set volume ke level tertinggi. Ketika anda membeli laptop ini, saya sarankan membeli speaker eksternal / kabel output ke perangkat Hi-Fi. Tidak usah mengharapkan update, mengingat pecahnya suara dari laptop ini ketika set volume tertinggi bukanlah dari kesalahan Software / driver, hal ini murni keterbatasan Hardware speaker laptop ini. Hal ini membuat saya kecewa karena kualitas speaker seri ini lebih jelek dari seri lainnya.

Kesimpulan

Laptop ini ditujukan untuk pasar anak muda yang gaul dan dinamis, ditunjukkan dengan hadirnya fitur quick web Access yang sangat berguna ketika kita ingin browsing seketika saat berada di cafe. Kartu grafis laptop ini juga sangat bersahabat dengan game game berat, seperti GTA 4, ataupun Need for Speed Shift. Dengan balutan desain yang manis, laptop ini nyaris sempurnya untuk menjadi bagian asesoris anak muda yang gaul dan dinamis.

Poin Plus

(+) Prosesor yang sangat baik, Kartu grafis sangat baik

(+) Harddisk besar, Ram 4GB DDR3

(+) Fitur Quick Web Access

(+) Port eSATA, HDMI

(+) Desain yang sangat menarik dengan performa baik

Poin Minus

(-) Kualitas Speaker sangat buruk

(-) Penempatan port yang sangat buruk

(-) Noise yang cukup tinggi

(-) Material glossy yang mudah tergores dan kotor

Spesifikasi Teknis

Operating System

Operating System Genuine Windows® 7 Home Premium 64-bit (English Version)
Language Pack Hong Kong Chinese, Simplified Chinese, Arabic, Thai

Architecture

Processor Name Intel® Core i5-520M Processor 2.40 GHz with Turbo Boost up to 2.93 GHz *1
Chipset Intel® HM55 Express Chipset
Memory Bus 1066 MHz
Cache Memory 3 MB (L3 Cache)

Main Memory

Pre-installed/Max 4 GB DDR3 SDRAM *2 (upgradeable up to 8 GB*3)
SO-DIMM Slots 2 SO-DIMM slots (The pre-installed memory module uses two)

Hard Disk Drive

Hard Disk Drive 500 GB*4 (Serial ATA, 5400 rpm)

Optical Disc Drive (Optiarc)

Drive DVD±RW/±R DL/RAM Drive
Maximum Reading Speed DVD+R: 8x (SL), 8x (DL)/DVD-R: 8x (SL), 8x (DL)/DVD+RW: 8x/DVD-RW: 8x/DVD-ROM: 8x/DVD-RAM: 5x/CD-ROM: 24x/CD-R: 24x/CD-RW: 24x
Maximum Writing Speed DVD+R: 8x (SL), 6x (DL)/DVD-R: 8x (SL), 6x (DL)DVD+RW: 8x/DVD-RW: 6x/DVD-RAM: 5x/CD-R: 24x/CD-RW: 10x

Graphics

Graphics Accelerator ATI Mobility Radeon™ HD 5650 Graphics
Dedicated Video Memory 1 GB DDR3 SDRAM

Display

Type 14″ wide (WXGA:1366 x 768) TFT Colour display (VAIO Display, LED backlight)

Interface

USB High Speed USB 2.0 x 3
Network (RJ-45)Connector 10Base-T/100Base-TX / 1000Base-T x 1
Display Output Connector Analogue RGB, mini D-sub 15 pin x 1
Headphone Stereo mini jack x 1
Microphone Stereo mini jack x 1
HDMI In/Out Connector Output x 1
Memory Stick Slot Memory Stick Duo (PRO-HG compatible, MagicGate function)*5
SD Memory Card Slot SD Memory Card (SDHC compatible, Copyright protection function (CPRM) )
PC Card Slot ExpressCard™/34 x 1
DC IN x 1
Others eSATA / USB port x 1

Wireless Connection

Wireless LAN Type Integrated Wireless LAN IEEE 802.11a/b/g/n*6
Wireless LAN Data Rate maximum 11 Mbps (802.11b)/54 Mbps (802.11a/g) 300 Mbps (802.11n)*7
Wireless LAN Frequency 5 GHz (802.11a/n), 2.4 GHz (802.11b/g/n)
Bluetooth Bluetooth standard Ver. 2.1+EDR

Camera

Front Side Camera Effective pixels: 640 x 480

Audio

Sound Chip Intel® High Definition Audio compatible , 3D audio (Direct Sound 3D support)
Speaker Built-in stereo speakers
Microphone Built-in monaural microphone

Keyboard/Input Device

Keyboard Approx. 19 mm key pitch / 2 mm keystroke , 86 keys
Touchpad Intelligent Touchpad

Battery Life*8

Bundled Battery VGP-BPS22A Lithium-ion battery: up to 2.5 hours of use

Size

Dimensions (WxHxD) 345.8 mm x 27.3-32.9 mm x 238.7 mm
Weight 2.35 kg (including the supplied battery)

Included Software

AV Entertainment Media Gallery, Windows® Media Center, Quick Web Access
Content Creation/Editing PMB VAIO Edition, Adobe® Premiere® Elements 8, Adobe® Photoshop® Elements 8, Roxio Easy Media Creator
Home Network VAIO Media plus
Word Processor / Spreadsheet 60-Day Trial Version of Microsoft® Office Professional 2007*9
Tool Evernote for VAIO, Adobe® Reader® 9
Utilities VAIO Gate, VAIO Control Center, Battery Care Function, WebCam Companion, Magic-i™ Visual Effects
Security McAfee PC SecurityCenter 30-day Free Trial*10, Webroot® Spy Sweeper® 90-day Free Trial*11
Support VAIO Care, VAIO Recovery Center, VAIO Update, VAIO Transfer Support, Norton™ Online Backup 60-day Free Trial*12

Supplied Accessories

AC Adaptor AC Adaptor (VGP-AC19V33 or VGP-AC19V37)
Battery Lithium-ion battery (VGP-BPS22A)*13

Aksi

Information

77 tanggapan

27 06 2010
fitz

nice review :)
tanya nih, beda banget ya seri EA16 dgn EA15 dari segi performa?

28 06 2010
Aji

@fitz
thanks apresiasinya :D
tentunya performa antara kedua laptop ini cukup berbeda, mengingat VPC-EA15 adalah versi ‘murah’ dari EA16, pada saat saya membeli EA16, pautan harganya cukup jauh, yaitu berbeda 1 juta
perbedaan fisik mungkin tidak jauh berbeda, namun perbedaan spesifikasi cukup berbeda,
berikut ini beberapa aspek yang berbeda

pada EA 15 hanya memiliki prosesor intel Core i3 tanpa dukungan TurboBoost, namun baik intel core i3 dan core i5 sudah mendukung Hyper Threading

pada EA 15 kartu grafisnya adalah ATi Mobility Radeon 5145 dengan memori grafis GDDR3 512 MB sementara EA16 sudah didukung dengan 5650 dengan GDDR3 1 GB

pada EA 15 hanya memiliki Harddisk 320 GB, sementara EA16 memiliki 500GB

namun, sebagai pertimbangan versi ‘hemat’, EA15 sudah termasuk laptop yang di atas rata rata untuk penggunaan komputer dan gaming saat ini.
dan dengan harga yang cukup kompetitif bisa memperoleh fitur yang mungkin tidak dimiliki lapotp lainnya.

11 07 2010
genta

gan…batre gmn???cepet abis gak??

11 07 2010
Aji

Dari pengalaman saya menggunakan laptop ini, ketangguhan baterai oke-oke saja (sekitar 2-3 jam) belum pernah saya coba sampai benar benar habis / benchmark baterai.
dengan setting “balanced” baterai cukup lama untuk digunakan nonton film / wifian.

16 07 2010
wbz

nice…
cepat panas ga sewaktu digunakan maen game?
soalnya beberapa waktu yg lalu kn ada kabar VAIO yg seri C dan F itu overheating.

17 07 2010
Aji

sewaktu saya gunakan main game Resident evil 5 panas tidak terasa pada pangkuan lengan. (rest pad) namun suara kipas pendingin cukup keras karena load prosesor dan grafis yang cukup tinggi. untuk gaming panasnya tidak berasa
begitu juga pada saat rendering video (encode / render editing) panasnya pun masih dalam bisa ditoleransi.

21 07 2010
Timothy

Thanks for this awesome in-depth review! :)

Anyway Pak Aji, terus terang saya tidak ahli dalam hal laptop, saya sedang dilema antara membeli seri vaio EA16 ini atau MacBook Pro 13″ keluaran terakhir. Budget saya sekitar 12 juta maximum. Saya pribadi tidak pernah menggunakan mac, tetapi saya mencari laptop dengan kemampuan mengedit dan convert video HD. Saya sekarang ini hanya menggunakan tablet pc toshiba tahun 2006 dan sepertinya kurang mendukung untuk edit video HD karena laptop jadi terus panas dan sering hang.

Apakah Core2duo (2.4GHz) yang dimiliki macbook pro 13″ kalah jauh performanya dibanding i5 pada Sony Vaio seri E16 ini. Terima Kasih Pak Aji. Saya tunggu informasi dari anda.

Regards,
Timothy

22 07 2010
Aji

U’re welcome :) thanks for your comment.

jujur saya juga tidak pernah menggunakan mac :)
tetapi jika memilih di antara keduanya memang cukup sulit.
dalam keadaan default (baru beli) keduanya sudah mempunyai software editing video bawaan (iMovie untuk mac, Adobe Premiere elements, dan windows live movie maker untuk VAIO)

namun ketika kita melihat tech spec kedua laptop, vaio unggul, mengingat 2.4GHz MacBook Pro (MC374*/A) hanya memiliki prosesor Core2Duo 2.4 Ghz

sementara Vaio EA16 sudah memiliki intel Core i5 dengan kemampuan yang sudah saya jelaskan di atas.

pengalaman saya menggunakan trial Sony Vegas di laptop ini pun sangat menyenangkan. proses editing dan preview berjalan mulus. apalagi saat rendering terasa cepat daripada laptop saya yang terdahulu. memang, pada saat rendering / encoding suara fan cukup bising (mengingat load cpu hampir 100%) namun panas hanya terasa di sisi ventilasi, untuk wristpad panas tidak begitu terasa.

rendering video dvd lancar, dan menurut saya dnegan spek setinggi itu laptop ini sudah siap untuk editing video HD.

untuk performa dan proses editing saya sarankan menggunakan vaio saja
namun, ada satu hal yang juga menjadi pertimbangan mengingat tidak adanya port firewire pada Vaio, sementara pada macbook menyediakan port firewire yang biasa digunakan dalam transer video. sementara pada MBP 15″ terdapat portfirewire
Terima kasih atas koreksinya :)

28 07 2010
ali

mau nambahin aja… saya juga sempet tertarik dengan macbook pro yg 13″.. ternyata ngga ada port firewire-nya… kalo yang 15″ ada.. gitu aja…

21 07 2010
Timothy

Lalu satu hal lagi.. bagaimana perbandingan kartu grafis yang dimiliki Apple Macbook pro 13″ (Nvidia GEforece) dibanding yg dimiliki Sony Vaio EA16 (ATI radeon)? Saya sama sekali buta dlam hal ini. Terima kasih.

22 07 2010
Aji

untuk kartu grafis tentunya dalam hal ini Sony jauh lebih unggul. mengingat memori grafis macbook hanya memiliki 256 MB GDDR3, sementara vaio memiliki 1024 GDDR3.

kartu grafis ini berperan penting ketika proses editing untuk menampilkan pratampil hasil editan kita. untuk proses rendering peran penting dipegang oleh prosesor. dengan kemampuan intel corei5 tentunya proses rendering sangat terbantu

namun pilihan kembali tergantung dari anda. manakah yang lebih sesuai dengan kebutuhan anda

regards

23 07 2010
agungsep

Mo nanya neh gan.. Itu Radeon HD 5650 nya kan di underclock tuh yup.. Ama software dari ATI bisa dioverclock ga? atau jangan2 di-lock ama Sony nya..

23 07 2010
Aji

Ya, dalam keadaan default VGA nya di underclock. dan juga saat fitur “PowerPlay” dari ATi diaktifkan maka akan diunderclock ke 149/149 untuk menghemat energi

kabar bagusnya AMD menyediakan software untuk overclocking vga (software resmi)
dapat diperoleh di

http://downloads.guru3d.com/AMD-GPU-Clock-Tool-v0.9.26.0-For-HD-5870-download-2383.html

untuk pengalaman overclocking lebih nyaman, update driver anda.
harap diingat bahwa tindakan overclocking dan update driver manual tidak disarankan dari manufaktur SONY.
untuk overclock optimal saat gaming, saya biasanya menggunakan clock asli dari VGA ini (600/800)

25 07 2010
agungsep

owh..hmm, ok..

oya, sama mo nanya ini,
radeon hd 5650 kan graphic card discrete yup. itu ada pilihan buat ngeswitch ke graphic card onboardnya ngga?. jadinya switchable gitu..

kalo yang acer sih switchable.. thanks..

1 08 2010
devisurya

linknya ko for hd 5870 gan ??gpp ya dipake 5650?? sory nubi gan…

25 07 2010
Aji

Nope, dalam notebook ini hanya tertanam satu kartu grafis.
jadi untuk switch kartu grafis tidak bisa.

untuk notebook Sony VAIO tipe baru yang memiliki switchable graphics adalah tipe “Z” (tipe bisnis). dalam tipe tsb memiliki tombol switch “Stamina” dan “Performance” untuk memilih kartu grafis dengan tujuan menghemat baterai.

26 07 2010
agungsep

oh.. ga ada yup.. thanks infonya..

saya baca di http://forum.notebookreview.com/sony-owners-lounge-forum/456538-official-vaio-e-series-owners-thread.html
kalo masalah di sony vaio e series ada high-pitched noise kalo colokan ac nya di copot alias pake batere doank. kedengereannya kayak di cpu nya.

trus sama batere yang cepet boros. dicharge 100%, trus di shutdown semalem, besok pagi baterenya tinggal 85%.

kalo di laptop nya mas Aji, masalah noise ama batere itu ada ga?

26 07 2010
Aji

untuk masalah noise menurut saya sangat wajar. karena memang semua notebook yang menggunakan prosesor intel core i series terdapat fitur hemat energi, ketika fitur hemat energi diaktifkan (sejalan dengan dicopotnya ac power) fitur itu akan menurunkan penggunaan energi prosesor. saya dapatkan informasi ini menurut beberapa referensi dari forum yang sama. namun, kalau dirasakan noise itu tidak terlalu terasa.
untuk masalah baterai saya tidak mengalami masalah apapun.

27 07 2010
wbz

mw nanya ni gan…klo vaio yg seri ini cocok ga ya dipake bwt desain grafis?

oh ya dan jg klo di laptop sebenarny ada mslh ga sih klo dlm keadaan batere full (terpasang) pake ny dr ac power.
apa bisa menyebabkan performa batere cpt menurun?
(maklum slma ni saya msh memakai desktop pc…hehehe…)

thanks…

29 07 2010
Aji

Sangat cocok untuk desain grafis. mengingat VGA+RAM+Prosesor yang sudah mumpuni.

Salah satu fitur yang juga saya gunakan dari laptop ini untuk mengatasi “kegelisahan” itu. adalah fitur “VAIO Battery Care”
dapat diaktifkan dalam menu vaio control center. sehingga ketika mencapai level baterai 80% baterai tidak diisi lagi.

1 08 2010
wbz

ow bgtu toh…berarti sebelum kita menghidupkan laptop nya dari AC power, VAIO Battery Care nya diaktifkan dulu bgtu maksud nya?

By the way, gan tahu ga harga nya untuk VAIO seri ini kira-kira berapa?
saya lihat di salah satu toko di medan harga nya Rp11 juta, kemahalan ga ya harga segitu?

Thanks.

28 11 2010
budihadmajaya.com

fitur VAIO Battery Care ini yg paling saya suka ,soalnya suka begadang :)

28 11 2010
Aji

Ya, sejauh ini menurut saya fitur ini sangat berguna, karena dapat merawat baterai (daripada baterai dicabut-pasang) :)

1 08 2010
Aji

@wbz baterai di drain hingga di bawah 80 % dahulu, kemudian masuk ke vaio control center, kita aktifkan. vaio battery care aktif terus meskipun di charge saat mati.

@devisurya tidak apa kok pakai yang itu. karena saya sendiri menggunakan versi yang itu. jangan lupa untuk update driver terlebih dahulu agar tidak timbul flicker pada awal overclocking.

3 08 2010
Mondlicious

nice review gan.. sy memang ingin membeli laptop ini.. Setelah beberapa bulan, apa ada masalah dengan laptop ini?

Untuk masalah batterai, jika saya menggunakan AC power saja tanpa baterai dengan dilindungi UPS apa dapat bermasalah?

Yang saya dengar juga, seri EA26 akan segera menggantikan seri laptop ini..

Thanks..

12 08 2010
Ahi

Halo, boleh tanya sedikit tentang batere lifenya? Kira2 untuk pemakaian ringan2 (browsing, office) tahan berapa lama yah?

Terus juga, ada di acer indonesia websitenya nawarin timelinex 4820 dengan HD 5650 switchable technology. Apakah vaio ini switchable technology? Kalau iya, harusnya kan lumayan juga bisa nambah kapasitas baterenya :)

Thank you

13 08 2010
Aji

@ahi sayangnya vaio tipe ini tidak menyediakan pilihan switchable graphic.
untuk pemakaian normal, kira kira 2-3 jam dengan pengaturan power “balanced”

@Mondlicious Sejauh ini tidak ada masalah yang saya alami dengan laptop ini.
mohon maaf untuk penggunaan tanpa baterai saya kurang mengetahui akan hal itu, karena selama saya menggunakan laptop ini saya selalu menancapkan baterai saya dengan mengaktifkan fitur “VAIO Battery Care 80%”.
untuk informasi tentang EA26, saya belum mendapatkan infromasi mengenai tipe itu.

13 08 2010
ardi

mas aji, kebetulan saya punya laptop sama, saya tidak mengerti tentang update driver?? caranya gmn?? agar tidak timbul flicker pd overclocking maksudnya apa ya mas? maaf saya masih pemula dalam hal ini. terimakasih

13 08 2010
Erma

sebenernya fungsi vaio battery care itu apa sih? trs cara penggunaannya gimana?

15 08 2010
Aji

@ardi
update driver kartu grafis ke versi terbaru (saat ini 10.7). sebenarnya menggunakan driver versi lama tidak apa apa namun saat overclock diaktifkan layar akan berkedip sesaat (flicker) namun pada versi driver terbaru, hal tsb tidak terjadi.
@Erma
Menurut penjelasan dari software tsb, fitur itu ditujukan untuk memperpanjang masa guna baterai (mencegah full cycle pada baterai) sehingga baterai tidak cepat rusak seiring penggunaan. untuk lebih detilnya, buka “VAIO Control Center” lalu masuk section “Power Management” > “Battery”
tekan tombol help (question mark) di pojok kanan atas.

15 08 2010
ardi

boleh minta mas link update nya,, terima kasih.

15 08 2010
Ahi

Halo, terima kasih untuk replynya.

Saya sedang mempetimbangkan membeli laptop ini. Mas aji pernah pakai untuk main game2 berat seperti starcraft 2, alien swarm begitu? Bagaimana performanya? Soalnya saya pernah dengar ada orang pakai laptop lain, terus kepanasan sehingga auto shutdown setelah main 40 menit – 1 jam lebih.

Thank you.

15 08 2010
Aji

@ardi
file dapat di unduh di link berikut.
http://www2.ati.com/drivers/mobile/10-7_mobility_vista_win7_64_dd_ccc.exe

@ahi
sejauh ini game paling “berat” yang pernah saya coba di laptop ini adalah
Resident Evil 5 (meskipun dengan kualitas “high” game berjalan mulus) dan sebagai info juga, dalam memainkan game itu saya mainkan terus menerus seharian (dari siang hingga malam) masih oke oke saja :)
panas hanya terasa di tepian kiri laptop (lubang ventilasi) namun pada bagian sandaran tangan tidak terasa panas.

19 08 2010
nandi

mas, ini laptop yang keren , tp sayang batre ny cmn 2 jam untuk kelas high end kaya gini.. kalo boleh tw, untuk menjalankan program2 arsitektur (3dmax atau autocad) di laptop ini , tahan maksimal berapa lama batre nya ?

terima kasih

20 08 2010
Aji

mohon maaf untuk kedua aplikasi tersebut saya belum pernah mencobanya. sejauh ini yang pernah saya coba hanyalah game cukup berat, dan baterainya tahan sekitar 2 jam lebih.

23 08 2010
Erma

kalo windows7 nya gimana? free trial atau tdk? lalu microsoft office dan antivirus udh darisananya atau ga? kalo iya free trial atau tdk?

24 08 2010
Aji

untuk operating system, dalam produk ini terdapat Windows 7 Home Premium Asli. bukan trial, sudah satu paket penjualan. (terdapat COA di bawah laptop)
untuk office, office yang terdapat adalah Micr. Office 2007 trial 60 hari, untuk antivirus adalah McAfee Antivirus free bawaan sony. untuk subscribtionnya saya kurang mengetahui detil mungkin trial beberapa bulan, karena dari awal menggunakan laptop ini saya langsung mengubah software antivirusnya menjadi AVG (McAfee saya uninstall)

28 08 2010
Erma

gan katanya kalo 64bit nyari softwarenya susah ya? emg iya ya gan?

29 08 2010
Aji

Sejauh ini, saya menggunakan 64 bit ini lancar lancar saja (meskipun memang, beberapa software anda harus mendownload lagi versi 64 bit nya) namun dengan keadaan laptop baru sekarang yang ber ram “hanya” 2 gb sekalipun sudah menggunakan 64 bit. jadi menurut saya oke oke saja :)

1 09 2010
genta

gan, punya driver ea16 tapi buat win7 32bit gak??
ato punya link nya gt??
thx ya :D

2 09 2010
Aji

mohon maaf, saya kurang tahu informasi mengenai driver 32 bit.

8 09 2010
Roni

gan,layar vaio ini bagus gak untuk nonton film film HD?

14 09 2010
Aji

Untuk menonton film film HD, gambar yang ditampilkan jernih dan memenuhi layar (tidak ada garis hitam) karena sudah mengadopsi layar 16:9
namun ukuran layar demi portabilitas hanya disediakan 14″, mungkin menjadi sedikit kendala. akan lebih nyaman lagi jika anda menontonnya di televisi HD, mengingat laptop ini sudah memiliki HDMI port :)

11 09 2010
ridho

mas aji,,saya boleh copy pic nya ya..mau tak pajang buat sampel dagang..
thanks before

14 09 2010
Aji

Tidak apa apa :D
tapi mohon cantumkan link ke web ini / asal dari gambar

12 09 2010
mahdi

Hi thear
please help me

My requre driver for win7 32bit for laptop sony vaio VPCEA16FG .

Thank You

14 09 2010
Aji

sorry, as far as i know, Sony only provides the driver for 64 bit based windows 7 operating system driver
http://www.sony.co.id/support/download/product/vpcea16fg/modelfirst
regards

14 09 2010
ghe

mas, kmrn ini saya install program database DB2, tp setelah install program itu, knapa yah banyak program2 yg udh saya install jadi error?? ada missing file.. ==..

lalu kalau saya masuk ke vaio care n jalanin programnya, router di rumah langsung error… mati hidup… begitu saya matikan wi-fi laptop, routernya baik2 saja… memangnya ada pengaruh ya??

15 09 2010
Aji

untuk menginstall software – software, pastikan bahwa software – software tsb sudah mendukung arsitektur 64 bit.
untuk lebihdetilnya bisa disebutkan contoh software yang tidak bisa dijalankan?

Sejauh ini, router wifi yang saya gunakan tidak mengalami hal demikian.
tetapi berkaitan akan hal ini, ketika vaio care dijalankan, vaio care akan memeriksa firewall dan koneksi internet yang anda gunakan. mungkin hal inilah yang menyebabkan anomali pada router anda.

15 09 2010
ghe

ok thanks…

hmm.. banyak software yang mengalami missing file, spt ms word, adobe reader, software dr printer, dan yang paling parah saya gk bsia mengatur graphic card saya lagi… ketika klik kanan n memilih ati catalyst, malah tdk terjadi apa2… sudah saya install ulang softwarenya, n melakukan update dari link yang anda berikan di atas, hasilnya tetap sama….

apa saya harus format ulang laptop??

btw, dvd apa yang bagus untuk backup??
krn saya sudah coba 3 jenis dvd, termasuk verbatim smuanya gagal pada proses awal…
thanks…

28 09 2010
Aji

mohon maaf baru sempat membalas. maklum mahasiswa baru :)

menurut saya media dvd apapun asal lapisan bersih dan tidak tergores sudah cukup bagus, asalkan penyimpanannya hati hati,
sebagai informasi, media dvd yang saya gunakan adalam dvd “tak bermerek” seharga Rp 3.000 satu keping, dan proses backup berjalan lancar
dan dvd yang digunakan adalah dvd dengan format single layer, single sided.

untuk masalah software missing file, hal seperti yang anda alami sejauh ini belum pernah saya jumpai pada laptop yang pernah saya jumpai.
mungkin bisa dicoba untuk merestore terlebih dahulu dengan fitur “System Restore”
jika restore point tidak ditemukan / restore tidak menyelesaikan masalah, barulah mempersiapkan komputer untuk recovery.

untuk recovery tanpa dvd saya belum pernah mencoba, baik di vaio baru maupun vaio lama yang saya gunakan.

30 09 2010
ghe

sep dah…
nanti saya coba…
thanks.. :D

17 09 2010
baba

gan, harganya berapa tuh laptop?

Yg ea-15 berapa?

20 09 2010
ghe

juli kmrn saya beli di retail vaio harganya sekitar 11 jt..
kalo yg ea 15 mungkin di bawah itu..

24 09 2010
ghe

wah, pemiliknya kemana nih.. :D

11 11 2010
intan

bisa review vpc s125fg tolong dong… tk

10 01 2011
na'

gw puny laptop yang tipenya sama trus gw ganti os 32 bit, tp drivver wirelessnya gak mendukung….. gw mesti pke wirelss apa ? mohon bantuannya…………..

11 01 2011
Aji

Untuk windows 7 32 bit bisa dicoba menggunakan software driver generic dari intel
http://downloadcenter.intel.com/Detail_Desc.aspx?agr=Y&DwnldID=19512&ProdId=3200&lang=eng
atau, apakah software yang anda maksud vaio smart network?

13 01 2011
harriz

mass, saya punya laptop ini, persis beserta warnanya, buat game memang oke sih.. tp kenapa ya kok sering nge-hang? terutama saat awal2 laptop nyala, kursor gk bisa digerakin, gk bsa buka task manager pula, cara yg sy gunakan mesti mematikan paksa.. kenapa itu mas? penanggulangannya gmn?
thx..

30 01 2011
Aji

@harriz
Penyebab hang bisa bermacam macam, apakah ada peringatan / notifikasi eror ketika awal menyalakan?
penyebab lain, bisa saja laptop sedang loading program yang diaktifkan otomatis saat laptop startup, untuk menanggulangi ‘macet’ karena program program ini, bisa membuka “msconfig’ dan memilih software apa yang perlu dan tidak perlu dijalankan saat startup

@Rina
Penggunaan tombol assist saat laptop kondisi menyala akan membuka program Vaio Care
dan saat laptop mati akan membuka Vaio Recover
tergantung pilihan yang anda pilih. jika anda memilih “windows restore” maka laptop akan me-restore setting system pada ‘checkpoint’ atau restore point yang telah dibuat sebelumnya. untuk pilihan ini, file file, dokumen, dan software laptop tidak terpengaruhi. biasanya kita menggunakan menu ini jika ada suatu kesalahan dengan file system.
sementara untuk menu “recover” laptop akan menghapus semua yang ada di harddisk dan mengembalikan pada kondisi kosong (benar benar kosong) anda mungkin akan diminta untuk memasukkan dvd recovery agar software bawaan Vaio juga terinstall (jika tidak ada DVD bawaan VAIO, maka software dan drivers spesial vaio tidak terinstall di laptop anda, namun anda tetap bisa menginstallnya dengan mengunduhnya dari website resmi Sony)

Semoga jawaban saya membantu

29 01 2011
Rina

Apakh dgn mnekan tombol assit akn mmpengaruhi ksluruhan software dan data yg trsimpan ??

29 01 2011
Rina

mngapa pd saat batttry hbz sm s,x ,, n saya cas brsmaan .. laptop tdk bs d hpdkn dlm wkt 30 .. N lampu prtnda battery pd laptop akn mti dlm wktu 15 mnit brsmaan dgn lmpu pd battery ??

Apkh da yg rusak ??

31 01 2011
harriz

gk ada peringatan.. tb2 saja lgs hang dan harus matikan paksa..

4 02 2011
Aji

Cara paling mudah adalah menggunakan “system restore”
atau, hapus beberapa software yang terakhir kali anda install
pastikan beberapa software tsb kompatibel dengan windows 7 64 bit
karena banyak kasus software tidak cocok dengan windows 7 64 bit dapat menyebabkan hang

12 03 2011
barthandelus

Mas Aji tanya, aku juga punya ni laptop tp kok kadang2 ngelag gitu windowsnya, waktu buka/tutup window, kalo di restart baru sembuh, tp kapan lg dinyalain keluar lg tuh lemotnya, aneh…
Mohon bantuannya pliss….

28 10 2011
zul

gan,, awalnyakan VPCEA16FG 64 bit,
trus sy insal ulang windows 7 32 bit,
gmana gan ??
punya drivernya nga’…trims

16 01 2012
BUDI

temen baru beli laptop sony vpcsb35fb trus mau buat backup dvd, bingung bagaimana buatnya?tolong bantu, thanks

1 08 2012
fillah

mas aji boleh minta bantuan …
” saya pengen buat backup dengan vaio recovery center tapi di laptop saya menu create disk image nya hilang setelah saya update program nya ”
Bagaimana solusinya ????

1 08 2012
Aji

Coba tekan tombol “assist” seharusnya akan membuka software vaio care, dan di dalamnya ada menu recovery & restore

10 08 2012
Devi Eliani Chandra

mas aji saya mau tanya untuk vaio vpcea16fg ini kipas pendinginnya kan kenceng/ berisik bgt ya. itu bisa diganti ga ya supaya kipasnya lebih tenang (tidak berisik lagi) tq

26 08 2012
Aji

mohon maaf barus empat balas,
Masalah anda sebenarnya sama dengan saya, karena saya juga dibuat pusing dengan kipas yang berisik banget.
Berdasarkan pengalaman teman teman syaa yang juga memiliki laptop tipe yg sama, mereka punya solusi (tetapi cukup beresiko).
teman teman saya membuka laptop, membersihkan debu, kemudian mengganti thermal paste bawaan, karena memang thermal paste bawaan ‘terkenal’ buruk

6 09 2012
Devi Eliani Chandra

menurut mas aji kira2 thermal paste yg cocok n bagus buat laptop ini apa ya? tq

16 09 2012
Chester Bennington Bayu

sekarang berapa tuh harga ea16?

16 09 2012
Chester Bennington Bayu

ada yg jual ga
ane beli dah

24 12 2012
Lilly

Just have one USB stick for whatever the reason. You are doing lots of the ‘right’ things to achieve those big goals of yours.
Use collectibles and knickknacks in one to two tones to create a striking display.

30 10 2013
Ninin

Mas Aji, Ibu seorang ibu rumah tangga..sangaaaat gaptek….. Bagaimana untuk menutup / shutdown E Series 14P? biasanya yang ibu tahu kalau mau menutup laptop ada kode start terus ada kode shutdown. Lha yang ini..stratnya dipijit tidak keliahatan tanda tersebut..Apakah dibiarkan saja, karena nanti langsung mati? Terima kasih

30 10 2013
Aji

Halo ibu ninin,

sony vaio e series tipe baru sudah menggunakan OS windows terbaru, yaitu Windows 8

untuk shutdown windows 8,
1. sorot kursor mouse ke bagian kanan bawah layar,
2. kemudian akan muncul beberapa ikon,
3. klik ikon “gerigi”,
4. kemudian akan muncul beberapa pilihan, pilih “power”. “shutdown”

tutorial bergambar sudah ditulis oleh blogger berikut :
http://fachrulrijal.blogspot.com/2013/04/cara-mematikanshut-down-windows-8.html

atau dalam video:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.966 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: