SPBU Luar Biasa

Logo Pertamina

Logo Pertamina

SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) sewajarnya memang tidaklah menarik untuk dikunjungi,
bahkan meninggalkan kesan. Namun sebuah SPBU di surabaya merubah paradigma itu.

Perjalanan kembali dari Gresik kali ini, saya lupa memeriksa sisa bensin kendaraan saya. Akhirnya saya memutuskan untuk ‘mencoba’ SPBU baru yang terletak di Jalan Pahlawan, hanya beberapa ratus meter dari Tugu Pahlawan. Mengapa memilih SPBU ini? Simply karena saya penasaran saja seperti apakah SPBU yang lokasinya sangat strategis ini (letaknya di tengah kota) dan tentunya peralatannya masih baru semua.

Sesampainya di SPBU itu, saya langsung disambut dengan SPBU yang bersih, dan temboknya dihiasi dengan mural kemerdekaan (well, jauh lebih menarik daripada memajang kata kata “DILARANG MEROKOK” yang tentunya sudah diketahui semua orang). Arsitektur bangunannya juga didesain sedemikian rupa hingga menyerupai toko toko jaman dahulu di Surabaya, hal ini semakin menambah daya tarik SPBU ini. Seperti SPBU ‘Pasti Pas’ lainnya pelayanannya ramah, dan tentunya dengan ‘mulai dari 0 ya’ yang sudah menjadi kata wajib mereka. Dan setelah pembayaran, pelayan juga menawarkan apakah ingin dibuatkan nota atau tidak. Saat itulah saya menemukan hal berbeda di SPBU ini.

Setiap mesin pompa di SPBU itu terdapat Sebuah Compact PC dilengkapi dengan printer inkjet, dan juga sebuah mouse yang ada numpad-nya. Tetikus dengan numpad? Sepertinya saya sudah mulai ketinggalan teknologi, karena ini kali pertama saya melihat sebuah tetikus dengan numpad. Sayapun bergumam, apa tidak ‘lebay’ menggunakan komputer seperti ini, namun saya segera mendapatkan jawaban itu setelah saya mendapatkan Nota yang saya minta.

Nota Multimedia

Nota Multimedia

Ternyata, nota yang saya dapat tidaklah seperti nota biasa yang didapat di SPBU lainnya. Pada SPBU pada umumnya, nota yang saya dapat hanyalah nota cetakan printer dot matrix kecil seperti nota pada umumnya. Namun, pada SPBU ini nota itu diberi judul ‘Tiket Nota Mutimedia’. Luar biasa, tampilan notanya sangat menarik, berwarna, dan yang paling menarik adalah adaya Foto saya dan mobil saya di nota itu, ah tahu begitu saya berpose sebelumnya.

Adanya nota multimedia ini menurut saya sangat menarik, karena hal ini tidaklah biasa pada SPBU lainnya. Beberapa kelebihan yang didapat adalah SPBU ini bisa menjadi bukti yang lebih kuat bahwa saya sudah mengisi bensin, dan saya sendiri yang mengisi bensin (sedikit berlebihan, tetapi bisa jadi kan? Hehe). Namun, adanya nota multimedia ini juga bisa membuat orang marah, karena tentunya tidak semua orang mau dipotret di SPBU.

One thought on “SPBU Luar Biasa

Tinggalkan Balasan

