Wisuda

“Aku sudah landing, kamu di mana?” pesan singkat melalui BlackBerry itu saya terima dari kakak saya. Semalam saya menjemput kakak saya dari Jakarta di Bandara Juanda. Kepulangannya kali ini bukanlah karena ada urusan keluarga, namun karena hari ini adalah hari wisuda ITS. Lalu, apa hubungannya wisuda ITS dengan kepulangan kakak saya dari Jakarta?

“Wisuda Institut dengan wisuda Universitas memang beda, begitu juga keakraban alumninya” mungkin ucapan itu sering terdengar di mana mana, dan menurut saya memang begitu adanya. Malam itu saya kira orang yang akan saya jemput hanyalah kakakku seorang, namun ternyata kakakku kembali dari jakarta lengkap dengan beberapa teman se-angkatannya dan beberapa teman lagi akan menyusul. Menurut saya, hal ini sudah biasa karena memang saya lebih sering bergaul dengan teman teman kakak saya sehingga saya dapat memahami betapa eratnya ikatan alumni dengan almamaternya.

Namun di tulisan ini saya akan lebih membahas mengenai momen wisuda itu sendiri, bukan mengenai kekerabatan alumni dengan almamater, karena dalam pembahasan itu tentunya sulit untuk menjauhkan diri saya dari objektivitas. Momen wisuda yang saya ceritakan adalah momen wisuda di kampus kakak saya (wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Jika saya kilas balik momen wisuda ITS saat kakak saya diwisuda saat itu, maka yang saya dapatkan adalah kesan yang mendalam tentang betapa seorang wisudawan benar benar mengalami hari yang indah selama sehari penuh untuk menutup masa kuliahnya di kampus. Acara seremonial berjalan cukup khidmat, karena banyak wisudawan yang meninggalkan kursi bahkan keluar dari areal wisuda sehingga momen wisuda yang sakral itu cukup terganggu. Namun secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar.

“lalu apa momen indah seharian yang disebutkan tadi?”

Selain momen menerima ijazah sarjana yang tentunya sangat membanggakan, ternyata bukan itu saja momen indah yang saya maksud, melainkan justru momen pasca seremonial itulah yang lebih berkesan dari wisuda itu. Seusai menjalani seremonial sidang terbuka wisuda, ternyata seluruh wisudawan sudah dinantikan oleh adik adik angkatan dan alumnus di luar auditorium, sehingga jangan heran jika jalan di areal ITS akan ditutup karena begitu besarnya animo wisudawan, keluarga wisudawan, mahasiswa ITS, dan alumnus ITS akan momen wisuda ini.

Seluruh wisudawan yang sudah disambut tadi kemudian diarak menuju gedung jurusan masing masing, dan setiap jurusan memiliki kreatifitas masing masing dalam penyambutan wisudawan, sehingga anda akan menyaksikan ‘karnaval’ di areal wisuda. Momen ini juga dimanfaatkan oleh alumni untuk memberikan selamat sekaligus melepas kangen sesama alumnus lainnya, karena sudah dipastikan banyak alumnus lainnya yang juga menghadiri acara ini dan juga turut menyemarakkan acara ini, salah satunya adalah kakak saya dalam wisuda kali ini.

Di penghujung hari, wisudawan yang diarak tadi kemudian disambut di jurusan masing masing oleh adik angkatan yang kemudian melepas para wisudawan dengan acara yang telah dipersiapkan.

Tinggalkan Balasan

