Uncategorized

Pengalaman Membeli Golden Seat / Emergrency Seat Sriwijaya Air

Golden Seat

Penerbangan sudah kurang dari 24 jam dan web check in pun dilakukan.

Tapi… ini beberapa seat kok hitam yaa, ga bisa dipilih, termasuk emergency seat juga ga bisa dipilih. Kayanya Garuda bisa bisa aja tuh pilih emergency seat juga biarpun pas web check in, ini sesama grupnya kok gabisa, apa ini tiketnya ga full fare? apa gimana?

Semakin panik ketika WhatsApp chat masuk ke ponselku, “Mas, bapak minta emergency seat yah untuk flight besok, tolong dibantu yah”.

Waduh, gimana nih. Kemudian teringat kalau ada request juga untuk ditempatkan di Golden Seat pada penumpang lain dalam satu PNR (Passenger Name Record / Kode Booking).

“Hah? Golden Seat? apaaa pulak itu hahahahahaha” *maklum selama ini baru sekali aja naik Sriwijaya Air, itupun ga ada special request karena berangkatnya sendirian aja huehehehe.

Anyway, Alhamdulillah semuanya tersolusikan dan amaaan 😀

Jadi, gimana sih kalo pengin duduk di Golden Seat / Emergency Seat di Sriwijaya Air?

Berikut step-by-step nya!

Contoh laman pemilihan kursi saat web check-in Sriwijaya Air (Sumber: website Sriwijaya Air)
  1. Cek layout pesawatnya dahulu, ini bisa dilakukan dengan melakukan proses check in, tetapi proses dihentikan di saat pemilihan seat, sehingga statusnya tetap NOT CHECKED IN. Screenshot seat, pastikan seat mana yang mau diambil yang tidak bisa dipilih, biasanya tertampil sebagai warna abu-abu (Blocked Seat). Nantinya, pastikan Blocked Seat tersebut apakah Blocked karena paid Golden Seat atau memang benar-benar blocked dari Airline (biasanya karena ada VIP, dll).
  2. Jika dalam 1 PNR/Kode Booking ada lebih dari satu penumpang, pastikan penumpang yang tidak menggunakan Golden Seat sudah ter check-in dan sudah memilih seat, ini dikarenakan setelah golden seat ter-issued, PNR akan terkunci dari sistem web check in dengan status “GOLDEN SEAT”.
  3. Telepon contact center Sriwijaya Air, request untuk golden seat tersebut / emergency seat pada penumpang yang dimaksud. Petugas akan menyampaikan nominal yang perlu dibayarkan dan nomor rekening sriwijaya air.
  4. Lakukan transfer dan konfirmasi transfer melalui Whatsapp Contact Center Sriwijaya Air ‭+628176702777‬, cukup chat 1x dengan lengkap disertai kode booking, dan screenshot bukti transfer, tunggu balasan, dan akan disampaikan receipt.
  5. Coba web check in. jika statusnya “GOLDEN SEAT”, maka bereslah proses issued Golden Seat

Yeah, nampaknya receh banget tapi kalo pas panik jadi gupuh semua hehe, pengalamanku saat itu adalah karena sudah gupuh jadinya sudah ter-issued Golden Seat padahal masih ada beberapa pax yang belum check in. Jadinya yaaa, perlu check in manual.

Eniwei, semoga membantu yah!

Leave a comment